25.10.08

NASIB ANAK KOST

Masih inget lagunya Project Pop yang berjudul “Nasib Anak Kost”?
Di lagu itu diuraikan (diuraikan…berat banget ya bahasanya….J) duka derita nasib anak kost.
Yang katanya makannya tiap hari mie, trus ada juga derita lain kalo kiriman datang telat tapi ibu kosnya nagih2 uang kos terus.
Nah, rupanya waktu bikin lagu ini, penciptanya lupa masukin satu lagi derita.
Entah karena saat itu dia gak ngalamin yang gue alamin saat ini
Atau bisa jadi kos-kosan dia gak berada di “kampung” kayak gua sekarang.
Sebenernya sih kos-kosan gua bukan kampung-kampung banget
Tapi, bukan juga jalan besar sih
Bisa dibilang gang juga, secara cuma boleh dilewati satu mobil aja dan satu arah.

Nah, derita anak kos yang gua alami dimulai saat tetangga gua ada acara kawinan
Seperti di semua “kampung”, kalo kawinan, biasanya mereka suka ngadaain di rumah sendiri. Nyewa tenda dan sound system gitu.
Pulang kerja gua udah bertanya-tanya, lha…koq ada tenda biru (ceile, tenda biru…jadi inget lagunya Desi Ratnasari ni. Apa khabar karir nyanyinya mbak Desi ya….J) di depan kos gua
Tepatnya ada tenda biru di depan kos gua, tetangga gua n tetangganya tetangga gue
Gampangnya sih ada tenda biru di depan tiga rumah di gang gue

Nah……….
Ternyata, tetangga gua yang mau ada acara kawinan
Ups….feeling udah gak enak ni. Pasti ntar malem bakalan rame ni. Secara, sound systemnya aja udah dipasang di depan kos gue.
Bener juga, pulang kerja gua terpaksa diberhentiin di ujung gak karena gangnya ditutup. Bapak hansip yang jaga sih nyuruh adik gua muter tapi pasti juga gak bisalah, secara tendanya pas tepat di depan kos gua gitu.
Untung aja kos gua cuma 3 rumah dari ujung gang n juga gue udah biasa jalan, so gak seberapa masyalah dah.

Tapeeeeeeee……………….
Sorenya, dimulailah derita itu.
Saat yang punya hajat mulai menyetel lagu-lagu untuk mengiringi prosesi kawinannya
Lagu pertama………..gak masyalah, masih sesuai selera-lah
Secara ternyata mereka kebaktian dulu sebelum resepsi, so lagu2 gereja disetel
Lumayanlah, ikutan pujian penyembahan….. J

Tapi kemudian…………….
Kebaktian udah selesai, n mulailah resepsi
Secara ini kawinan pake adat Jawa, disetel-lah lagu-lagu Jawa gitu
Ihiks…ihiks….
Bukannya gua gak cinta kebudayaan dalam negeri, tapi emang gua gak seberapa suka ama lagu-lagu gitu
Jadinya, sekarang ini gua terpenjara dalam kos-kosan (gak bisa pergi2lah, sungkan ama orang2 yang lagi makan pas di depan pintu kos gue)
Meratapi nasib sambil nonton TV yang volumenya digedhein karena saingan ama gending Jawa (bayangin aja, volume normal biasanya gue setel maksimum 12, sekarang ini bisa 20 lebih bahkan nyampe 30 bo….)
Masih untung juga sih, lagu2 yang disetel bukan lagu dangdut kayak yang biasa-biasanya
(sory, buat penggemar lagu dangdut, no heart feeling ya…)

Jadi………….
Buat kamu-kamu yang tinggal di “kampung” siap-siap aja deh suatu saat nanti ngalamin nasib kayak gue
Trus, buat kamu2 yang tinggal di kampung n mau ngadain kawinan, please donk ah, pikirin nasib kita-kita para tetangga yang juga perlu ketenangan
Gue tahu kalo Anda-Anda sudah ijin bapak RT dan sebagainya, tapi gue sebagai penghuni kos koq gak merasa dimintai ijin ya?
Ataukah Anda sudah minta ijin n pamitan sama bapak kos saya?
Yang ngerasain khan kita-kita penghuni kos ya
Secara bapak kos gak tinggal di rumah ini gitchu….

No comments:

Post a Comment

yang mau komen, monggo, silahkan....tidak dipungut bayaran