9.8.08

Sekali lagi tentang pilihan menjadi GURU

Well, saya tergerak lagi untuk nulis tentang pilihan menjadi guru
MInggu-minggu ini saya punya kesibukan baru
menjadi assessor bagi guru-guru TK di suatu lembaga
setiap hari saya harus observasi 2 orang guru yang sedang mengajar di kelas
lalu dilanjutkan dengan wawancara guru tsb
pertanyaan wawancara bervariasi dan salah satunya adalah alasan / motivasi menjadi guru
dari sekian banyak guru yang sudah saya observe (sekitar 10 lebih deh), saya bisa menyimpulkan beberapa hal, yaitu.........
1. bahwa bila seseorang menjadi guru karena dia MEMILIH menjadi guru, maka hasilnya adalah orang itu akan melakukan tugasnya (atau saya lebih suka menyebutnya sebagai panggilan) dengan baik
2. bahwa bila seseorang itu mengajar di kelas dengan baik sekali, maka bisa dipastikan bahwa dia memiliki motivasi yang tinggi dan dia menjadi guru bukan karena terpaksa melainkan karena dia MEMILIH menjadi guru
3. bahwa motivasi dan cara mengajar berbanding lurus. artinya semakin tinggi motivasi maka cara mengajar akan semakin baik

nah, itu adalah pendapat saya.
masih banyak yang ingin saya sampaikan di sini, tetapi tidak saat ini.
saya masih perlu untuk merenung (ceile....jadi serius banget ni tulisan....:)
saya masih perlu untuk mengamati dan mengobservasi 10 guru lagi
so, i'll write about this again next week....:)

No comments:

Post a Comment

yang mau komen, monggo, silahkan....tidak dipungut bayaran