13.1.09

Permen = uang 100 rupiah = alat pembayaran yang sah???

Beberapa waktu lalu saya makan di depot sekitar Jombang. Biasalah, tiap kali pulang kampung naik travel, mobilnya selalu berhenti di depot itu. Setelah makan, so pasti harus bayar khan. Waktu itu saya musti bayar 27.500. Nah, berhubung itu awal bulan, yang di dompet adanya uang 50ribuan. Maka, saya berikanlah uang 50 ribu itu ke kasir. Lalu si kasir memberi saya satu uang 20 ribuan, 2 lembar uang seribuan dan .......... 5 biji permen Relaxa (dan ditambah dengan kata-kata, "Lima ratusnya permen, mbak -- it's not a question, tapi pernyataan. Artinya, mau tidak mau saya harus mau ... :(
Abis itu saya jadi ingat kejadian beberapa bulan sebelumnya. Ceritanya temen kantor saya fotokopi di sebuah tempat di sebelah kantor (gak usah disebut lah namanya,gak etis). Balik kantor, dia ngomel-ngomel. Katanya, "gak bondo, mosok gak ada kembalian. Aku dikasih permen." Trus, dia bilang kalo dia sempet bilang ke penjaga fotokopian itu, kalo lain kali dia mau bayar fotokopinya pake permen yang dia dapet sebagai uang kembalian itu aja.
Dan, you know what??? Penjaganya cuma senyum sambil bilang gak bisa
Hm.... sungguh merugikan konsumen khan
Secara, kalo diitung harga sebiji permen gak nyampe-lah 100 rupiah
Kalo toko itu ngasi kembalian pake permen, dia harus mau donk dibayar pake permen
Lagian, sejak kapan uang seratus rupiah gak berlaku lagi dan diganti jadi permen?
Sejak kapan sebiji permen diresmikan sebagai alat pembayaran yang sah?
Atau kita udah kembali lagi ke jaman barter dulu?
Meskipun barter, tetep aja harus ada persetujuan dari kedua belah pihak donk
Sebagai penjual (entah itu depot, fotokopia, or the others) harus sedia uang kembalian donk
Kalo gak, berarti musti siap dibayar pake permen.
Kalo emang gitu, mendingan konsumen beli aja permen satu pak trus dipake buat bayar kalo pas fotokopi
He..he..he..
Jadi agak emosi ni...

No comments:

Post a Comment

yang mau komen, monggo, silahkan....tidak dipungut bayaran